Kamis, 16 April 2009

Goa Akbar Tuban

Goa akbar merupakan salah satu goa yang berada di Kota Tuban.goa yang memiliki keunikan dan ciri tersendiri dibanding dengan goa-goa lain di Indonesia. Keunikan ini di dapat dilihat dilihat dari keberadaan ruangan yang sangat mempersona dan mengagumkan.

Keberadaan Goa Akbar ditelusuri sampai ke dalam sangat luas,jika ke utara memanjang ke alun-alun Tuban ,ke Barat sampai kecamatan Merak Urak, kemudian ke Timur kalau terus tembus ke Goa Ngerong (kecamatan Rengel }dan ke selatan tembus butul (jawa) ke Goa Gembir,di kecamatan Semanding. Didalam Gua terdapat lorong yang menuju sungai dibawah tanah yang airnya sangat jernih banyak ditumbuhi beberapa tanaman.

 Itulah keajaiban sebagai anugerah Allah yang diperuntukan semua insan agar dijaga dan dinikmati. Mungkin manusia lupa, sempat terlena dan semula hanya berserak onggokan sampah pasar yang ada .Akhirnya tersentuhlah nurani seirama ilutrasi karya seni Bp. Haji HINDARTO selaku BUPATI TUBAN saat itu, segera membuat gebrakan dengan tekad mewujutkan karya nyata yang sejak awalnya telah ada.untuk disukuri dan dinikmati.


 Ketika kita memasuki goa kita akan ditunjukan sungai yang mengalir pelan dan memiliki air yang jernih serta dingin. Kejernihan air sungai itu membuat ikan emas tampak dengan jelas. Selanjutnya kita akan menemukan air terjun kecil ,yang letaknya tepat di tengah goa,di air terjun kecil itulah banyak sekali ikan mas berkumpul. Jika perjalanan kita teruskan ke bagian ruangan lain,yaitu ruangan "Mahamandhapa Sri Manganti", di ruangan ini para pengunjung dapat menyaksikan hiburan tradisional , atraksi akrobatik maupun musik. Lain lagi suasana yang akan kita temui jika kita memasuki ruangan Goa "Pasepen Kori Sinandhi" ruangan ini merupakan tempat suci, yang memiliki etika tersendiri untuk memasukinya. Ada lagi ruangan yang dianggap suci akan kita temui yaitu "Pasujudan Baitul Akbar " konon tempat ini untuk bersemedi guna mendapatkan ketenangan jiwa dan juga digunakan sembahyang bagi ummat Islam.Setelah kita berkeliling mengikuti lorong lorong Goa, yang telah diberi penerangan dengan pengaturan sedemikian rupa sehingga tidak menghilangkan nuansa alaminya, tepat diujung Goa Kita akan menjumpai kafetaria yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman ringan, ala Kota Tuban, sehingga pengunjung tidak perlu keluar Goa jika sekedar ingin mengusir rasa haus atau menikmati makanan ringan.

0 komentar:

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP